Nintendo Wii Bisa Bantu Pemulihan Pasien Stroke?

Pasien stroke seringkali dianggap sudah terlalu sulit untuk memulihkan kembali anggota tubuh yang terkena stroke.
Namun, baru-baru ini, para peneliti menemukan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi Nintendo Wii untuk membantu proses pemulihan pasien stroke.

Penelope McNulty, neurofisiologi di Neuroscience Research Australia, menunjukkan bahwa, para pasien yang menjalankan program pelantihan intensif dua minggu dengan Nintendo Wii terbukti mengalami kemajuan yang signifikan dalam menggunakan anggota tubuh mereka. Bahkan, hal ini juga bisa untuk orang yang menderita stroke bertahun-tahun.

“Menurut pengamatan sebelumnya, para pasien stroke biasanya mengalami kemajuan pada fungsi anggota tubuh saat mereka diharuskan meninggalkan rumah sakit untuk pemulihan. Tetapi, kami sudah membantu orang yang pernah mengalami stroke satu bulan sampai 21 tahun. Dan hasilnya, mereka semua mengalami kemajuan,” ungkap McNulty.

“Selain tak begitu mahal, Nintendo Wii juga mudah digunakan dan yang sangat penting, gadget ini menyenangkan. Jenis rehabilitasi ini memotivasi para pasrtisipan untuk benar-benar menyelesaikan terapi mereka, yang penting untuk pemulihan maksimal,” tambah McNulty.

“Semua partisipan menyadari bahwa pemulihan terjadi tak hanya saat menggunakan Nintendo Wii, tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari, seperti membuka pintu atau menggunakan garpu,” tutupnya.

Penemuan ini dipresentasikan pada konferensi internasional Society of Electrophysiology and Kinesiology di Brisbane, Australia.

Tertarik untuk mencoba? (jay)

BACA JUGA : Cegah Diabetes dengan Konsumsi Keju!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes