Nutrisi Dalam Tomat Dapat Mencegah Penyakit Prostat Pada Pria!

Lycopene adalah salah satu zat alami yang ditemukan pada tomat, bermanfaat untuk mencegah penyakit prostat. Manfaat lainnya?

Red tomatoes on white background III

Lycopene, sebuah zat antioksidan yang membuat tomat berwarna merah, dipercaya dapat mengurangi pembesaran prostat pada pria dan tekanan pada kantung kemih.

Hal ini dapat menjadi masalah serius apabila tidak segera ditangani dan dicegah karena berisiko kanker prostat.
Tomat sebelumnya telah diketahu dapat membantu memerangi penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Queennsland, Australia, selama 3 bulan yang melibatkan 57 pria berusia 40–80 tahun, menemukan bahwa para peserta penelitian lebih sedikit ke toilet untuk buang air kecil pada malam hari ketika diberi suplemen yang mengandung lycopene, dibandingkan dengan sebelum mereka diberi suplemen tersebut.

Selain itu para peneliti di Inggris juga percaya bahwa suplemen lycopene dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah.

Hasil penelitian yang disampaikan oleh para peneliti dari Cambridge University, Inggris, pada acara American Heart Association di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa efek lain dari suplemen yang mengandung lycopene adalah dapat meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah dan mengurangi pengerasan pembuluh darah.

Dr. Ian Wilkinson, direktur uji klinis di Cambridge University, yakin bahwa manfaat yang sama akan diperoleh dalam mengurangi kanker prostat dan memperlambat penyakit pada pria yang sudah di diagnosis.

“Suplemen lycopene mungkin bisa lebih menguntungkan daripada lycopene alami, kerena lebih mudah di serap oleh tubuh,” ungkap Dr Ian Wilkinson.

“Kami sedang merancang percobaan untuk membuktikan hal itu,” kata Prof. Luis Vitetta seorang director dari Queensland Universty, Australia, dalam menanggapi pernyataan para peneliti di Inggris.

Lycopene memiliki strukur kimia yang mirip dengan finasteride, obat utama yang digunakan untuk mengobati prostat jinak, “efek itu mungkin yang menjadi alasannya,” sambung Prof. Vitetta.

Sementara sebuah studi baru di Chicago pun telah menunjukan bahwa protein dapat bermanfaat dalam sel prostat bila terkena lycopene.

Pemimpin proyek penelitian itu Richard B Van Breemen professor obat kimia di Department of Medicinal Chemistry and Pharmacognosy di University of Illinois, Chicago, mengatakan bahwa diperlukan studi lebih lanjut pada lycopene untuk memastikan efek pada penyakit prostat pria. (boy)

Dapatkan suplemen terbaik untuk kesehatan prostat Anda –> Saw Palmetto

BACA JUGA : Saw Palmetto Untuk Kesehatan Prostat Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes