obat diabet

Obat Untuk Cegah Diabetes Tipe 2

Dari hasil uji pra klinis, hasil pengembangan obat baru untuk pasien diabetes tipe dua cukup menjanjikan. Bahkan, obat ini diyakini dapat mencegah datangnya penyakit akibat gaya hidup tak sehat tersebut.

obat diabet

Obat yang dikembangkan di Ohio University Heritage College of Osteopathic Medicine menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan bagi orang yang obesitas, sekaligus mengalami penyakit diabetes tipe 2.

Pasien dengan diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin, yang berarti bahwa insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak bekerja secara efektif sebagaimana mestinya. Pada saat makan, level gula darah meningkat. Pada kondisi di bawah normal, pankreas memproduksi insulin, yang menyebabkan glukosa dari darah masuk dalam sel.

Karena sel tidak dapat merespon insulin pada pasien diabetes tipe 2, pasien tidak akan dapat mengontrol kadar gula darahnya. Konsekuensinya adalah gula darah semakin menumpuk dan menyebabkan kerusakan organ hingga serangan jantung atau stroke.

Obesitas adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 2. Menurut The Centers For Disease Control And Prevention (CDC), satu dari tiga orang yang mengalami obesitas sangat berpotensi mengalami diabetes tipe 2 disepanjang hidupnya.

Dari hasil pra klinis menunjukkan jika obat ini dapat memperlambat atau bahkan mencegah berkembangnya penyakit diabetes tipe 2. Obat yang dikembangkan ini dinamai C-10.

“Hasil ini berdampak besar dan mengubah aturan pengobatan bagi penderita diabetes tipe 2,” kata Kelly McCall, Ph.D, profesor dari Herritage College seperti dilansir MedicalNewsToday.com.

Peneliti cukup senang karena C-10 menunjukkan hasil yang menjanjikan pada uji praklinis. Meski demikian, uji klinis masih harus dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih pasti. (ctr)

BACA JUGA: Presiden RI: Singkong Suguhan Wajib Pejabat Negara

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes