penyakit akibat obesitas

Obesitas Bisa Menjadi Penyebab Utama Kanker

Sudah umum diketahui bahwa obesitas atau kelebihan berat badan merupakan penyebab utama masalah jantung dan diabetes. Bukan hanya itu, studi terbaru menyebut bahwa obesitas menjadi penyebab utama penyakit kanker.

penyakit akibat obesitas

Obesitas mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Beragam penyakit kardiovaskuler dapat muncul akibat obesitas, seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Namun, hasil studi terbaru menyebut bahwa obesitas juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, dan endometrium.

Hasil studi dari National Cancer Institute, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa ada hubungan langsung antara obesitas dan kanker. Menurut para peneliti, obesitas dapat melebihi rokok sebagai penyebab kanker jika tidak segera mengubah pola makan yang sehat.

Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine dengan melibatkan 90 ribu orang dewasa mengungkapkan bahwa peserta yang mengalami obesitas lebih berisiko pengembangan kanker bahkan hingga kematian, daripada peserta yang memiliki berat badan normal. (toi/ctr)

BACA JUGA: Reverse Diet, Ampuh Perbaiki Metabolisme yang Lambat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes