gejala penyakit jantung

Obesitas Dapat Merusak Jantung Tanpa Gejala

Obesitas dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti timbulnya penyakit jantung. Bahkan, kelebihan berat badan ini dapat merusak jantung tanpa menimbulkan gejala sebelumnya.

gejala penyakit jantung

Gagal jantung merupakan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dengan maksimal. Obesitas secara independen meningkatkan risiko kerusakan otot jantung dan risiko gagal jantung. Kerusakan ini sering tidak menimbulkan gejala, menurut penelitian yang diterbitkan dalam the Journal of the American College of Cardiology: Heart Failure.

Gejala tersebut misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga diabetes. Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa obesitas dapat merusak jantung tanpa menyebabkan gejala seperti di atas.

Dikutip dari Medicinenet.com, penelitian ini melibatkan 9.500 orang obesitas yang bebas dari diabetes maupun tekanan darah tinggi, dengan usia antara 53-75 tahun. Setelah 12 tahun, sebanyak 869 peserta yang mengalami gagal jantung.

“Obesitas adalah akar perkembangan penyakit jantung, tapi temuan kami menunjukkan itu mungkin menjadi penyebab tunggal gagal jantung secara independen dari faktor risiko lain yang sering ditemukan di antara orang-orang obesitas,” kata pemimpin penelitian Dr. Chiadi Ndumele, asisten profesor di pusat pencegahan penyakit jantung Johns Hopkins.

Penderita obesitas dua kali lipat lebih mungkin mengalami gagal jantung dbandingkan orang dengan berat badan normal. Semakin gemuk seseorang itu, semakin besar risiko gagal jantung. Meski pasien obesitas tidak mengalami hipertensi maupun diabetes, dokter disarankan tetap memantau keadaan jantung pasien serta memberikan motivasi untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. (ctr)

BACA JUGA: Awas, Ibu Obesitas Tingkatkan Risiko Kematian Bayi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes