Obesitas Lebih Disebabkan Oleh Kurangnya Olahraga!

Ternyata kurang olahraga adalah hal yang paling disalahkan daripada makan terlalu banyak untuk kasus obesitas atau kegemukan.

Obesitas Lebih Disebabkan Oleh Kurangnya Olahraga

Sebuah studi yang baru – baru ini dilakukan oleh para peneliti di AS menemukan bahwa tingkat aktivitas seseorang yang menurun dalam 20 tahun terakhir memicu kenaikan nilai Body Mass Index (BMI) pada asupan kalori yang sama.

Para peneliti mengatakan penurunan aktivitas seperti olahraga terutama pada kalangan wanita mungkin bertanggung jawab atas kenaikan tingkat obesitas di dunia.

Padahal orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga moderat seperti misalnya jogging, bersepeda, atau fitnes selama 150 menit setiap minggu.

Namun dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa 2 dari 3 orang dewasa di Inggris telah gagal menjalankan pola sehat tersebut.

Dampaknya, dua pertiga pria dan hampir 6 dari 10 wanita di Inggris mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Di Amerika, melalui data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) para peneliti menemukan jumlah wanita di AS yang kurang melakukan ativitas fisik telah melonjak sejak dari 19,1% pada tahun 1994 naik menjadi 51.7% pada tahun 2010 silam.

Di Indonesia sendiri tercatat ada sekitar 21,7% orang dewasa mengalami kegemukan menurut data dari Riset Kesehatan Indonesia pada tahun 2010 silam.

Ini disebabkan semakin banyaknya orang Indonesia yang kurang melakukan olahraga dan tidak menerapkan pola hidup sehat seperti misalnya diet.

“Peningkatan ini terjadi dalam konteks peningkatan substansial dalam proporsi orang dewasa yang kurang melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya,” ujar Uri Ladabaum, seorang profesor dari Stanford University, California, AS.

Sementara itu, banyak yang beranggapan bahwa asupan jumlah kalori merupakan faktor utama untuk peningkatan obesitas di dunia.

Namun, hasil studi yang telah di publikasikan dalam American Journal of Medicine ini mengungkapkan hal yang berbeda, para peneliti percaya bahwa kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor paling utama untuk kasus obesitas di dunia disusul nilai asupan kalori.

So fitness mania, ternyata olahraga sangat penting untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebih. Yuk, kita latihan! (boy)

BACA JUGA :Latihan di Rumah Itu Asik, Tapi Ada Tantangannya Lho

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes