obesitas, kanker, diabetes tipe 2, kegemukan

Obesitas Munculkan Setengah Juta Kanker di Seluruh Dunia

Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menimbulkan beragam penyakit, salah satunya kanker. Dari data terbaru, obesitas ini menyebabkan setengah juta penduduk dunia menderita kanker.

obesitas, kanker, diabetes tipe 2, kegemukan

Dari data seperti yang dilansir WebMD.com, hampir 500 ribu muncul kanker baru akibat obesitas setiap tahunnya. Dan dua pertiga kanker akibat obesitas ini terjadi di Eropa dan Amerika Utara. Data terbaru menyebutkan bahwa penderita kanker pada wanita mengalami peningkatan 5,4 persen menjadi 345.000.

Pada perempuan didominasi menderita kanker payudara pasca menopause, endometrium, dan kanker usus. Sementara penderita kanker pada pria didominasi kanker usus dan ginjal, mengalami peningkatan 1,9 persen menjadi 136.000.

“Temuan kami menambahkan dukungan global untuk mengatasi meningkatnya obesitas. Prevalensi obesitas pada orang dewasa meningkat dua kali lipat sejak tahun 1980. Jika tren ini berlanjut, tentu akan meningkatkan kanker ke depannya, terlebih di Amerika Selatan dan Afrika Utara, di mana peningkatan terbesar obesitas telah terlihat selama 30 tahun terakhir, ” kata pemimpin studi Dr. Melina Arnold dari the International Agency for Research on Cancer.

Untuk mencegah obesitas, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. Langkah yang paling mudah dilakukan adalah dengan berolahraga. Dengan begitu, kita dapat mengurangi risiko obesitas dan beragam penyakit lainnya. (ctr)

BACA JUGA: Selain Obesitas, Gula Juga Picu Stres dan Penuaan Dini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes