auto imun

Obesitas Sebabkan Gangguan Sistem Imun?

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa obesitas memainkan peran utama dalam memicu dan menyebabkan penyakit auto imun. Penyakit auto imun sendiri adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan sehat orang itu sendiri.

Jendela Obesitas

Obesitas menyebabkan kerusakan mekanisme pada pelindung tubuh. Bahkan, hingga menciptakan lingkungan yang optimal untuk penyakit auto imun. Sehingga, menghambat dan membalikkan fungsi imun yang seharusnya melindungi kekebalan tubuh, menjadi penyebab munculnya penyakit. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan studi.

“Kami telah mengetahui penyebab gangguan penyakit auto imun. Misalnya, seperti infeksi, rokok, pestisida, kurangnya vitamin, dan sebagainya. Namun dalam lima tahun terakhir, faktor baru yang tak dapat diabaikan telah muncul. Penyakit auto imun juga terjadi karena obesitas,” kata Yehuda Shoenfeld dari Tel Aviv University di Israel.

Yehuda mengatakan, sekitar 35 persen dari komunitas global yang memiliki masalah dengan obesitas di amati selama beberapa hari. Namun, lebih dari sepuluh orang mengalami penyakit auto imun. Itulah sebabnya, penyakit ini dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Hal itu sangat penting untuk menyelidiki keterlibatan obesitas dalam patologi penyakit seperti auto imun.

Yehuda juga telah melakukan peninjauan pada 329 studi di seluruh dunia. Pada hubungan antara obesitas, adipokin (senyawa yang disekresi oleh lemak terlibat dalam berbagai fungsi fisiologis yang termasuk respons imun) dan kekebalan tubuh yang berhubungan dengan kondisi seperti rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis.

“Menurut penelitian kami dan berdasarkan data klinis serta eksperimen, keterlibatan adipokin dalam patogenesis yang menyebabkan auto imun sudah sangat jelas. Kami mampu merincikan kegiatan metabolik dan imunologi pengembangan adipokin dan prognosis dari beberapa kondisi yang terkait dengan kekebalan tubuh,” pungkasnya mengakhiri. (gie)

BACA JUGA: Cara Ampuh Untuk Mengatasi Stres

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes