penyakit PTSD

Olahraga Bantu Sembuhkan Trauma Psikologis

Olahraga terstruktur seperti latihan resistensi dan berjalan, ternyata mampu membantu menyembuhkan orang dengan penyakit PTSD (Post Traumatic Stress Disorder).

penyakit PTSD

PTSD atau gangguan stres pasca trauma adalah kondisi yang muncul setelah seseorang mengalami peristiwa traumatik yang mengancam keselamatannya atau membuatnya merasa tak berdaya.

Studi baru tersebut dipublikasikan dalam jurnal medis Acta Psychiatrica Scandinavica. Penelitian dilakukan pada 81 pasien dan sebagian besar laki-laki dari program perawatan PTSD di Rumah Sakit Richmond, Australia.

“Studi ini memberikan bukti pertama dari percobaan klinis pada pasien yang melakukan olahraga dikaitkan dengan penurunan gejala PTSD dan depresi, mengurangi lingkar pinggang dan kualitas tidur yang lebih baik,” kata penulis studi, Dr. Simon Rosenbaum dari The George Institute for Global Health dan The University of Sydney.

PTSD dapat terjadi setelah peristiwa traumatis, seperti ancaman terhadap keselamatan atau peristiwa mengerikan. Gejalanya seperti mudah mengalami flashback, detasemen emosional, insomnia, kesehatan fisik yang buruk, berat badan, dan hypervigilance. Orang yang menderita penyakit ini biasanya dengan latar belakang tentara atau polisi yang baru saja pulang dari medan perang.

“Karena penelitian ini, intervensi latihan terstruktur telah menjadi komponen penting dari pendekatan yang kita gunakan dalam mendukung pasien sembuh dari PTSD,” kata CEO Rumah Sakit Richmond, Strephon Billinghurst.

Dr. Rosenbaum mengatakan hasil studi ini membangun uji coba lainnya untuk menyelidiki efek dari latihan bagi penderita depresi dan skizofrenia. “Hasil penelitian ini menggarisbawahi bahwa olahraga adalah terapi yang kuat untuk pikiran, dan juga untuk berbagai kondisi kesehatan mental.” (ctr)

BACA JUGA: Hanya Dengan Berjalan, Akan Hindarkan Anda dari Stres Berat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes