olahraga intens

Olahraga Intens Dapat Tingkatkan Daya Ingat Otak?

Studi telah membuktikan bahwasanya latihan dengan intens sedikitnya 20 menit per hari dapat meningkatkan kemampuan daya ingat otak sekitar 10 persen, tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi.

Headline Jogging

Ada banyak penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dan berjalan dapat meningkatkan memori. Tapi, peserta penelitian ini sebelumnya telah mengangkat beban sekali setiap dua hari sebelum diuji untuk kebutuhan penelitian.

“Bahkan, tanpa melakukan scan MRI, hasil kami telah memberikan gambaran dampak latihan intens untuk,” kata Audrey, seorang profesor dari Georgia Institute of Technology school of psychology di Amerika.

Untuk kebutuhan penelitian ini, tim peneliti telah menunjukkan 90 foto kepada para peserta yadi layar komputer sebelum mereka mulai melakukan peregangan terhadap kaki mereka.

Selanjutnya, peserta kembali ke laboratorium 48 jam kemudian, dan melihat serangkaian gambar awal yang berjumlah 90 dicampur dengan 90 foto baru. Hasilnya, 60 persen peserta ingat terhadap foto-foto awal yang sebelumnya telah ditunjukkan. Kebanyakan, orang-orang yang termasuk ke dalam 60 persen tersebut adalah orang-orang yang intens melakukan olahraga setiap harinya.

“Studi kami menunjukkan bahwa kebanyakan orang tak memiliki kesengajaan dalam jumlah waktu yang besar untuk memberikan dorongan kepada otak mereka,” kata Lisa Weinberg, Georgia, mahasiswa pascasarjana yang memimpin penelitian tersebut.

Lisa juga menambahkan, kegiatan seperti jongkok, atau membungkukkan lutut mungkin akan menghasilkan hasil yang sama.

“Hal ini merupakan temuan yang menggembirakan, karena berdasarkan penelitian ini mengidentifikasi persis bagian otak yang dapat bekerja secara sempurna hanya dengan latihan yang intens,” Lisa Weinberg menyimpulkan. (gie)

BACA JUGA: Sleep Apnea Bisa Picu Berat Badan Naik Dan Diabetes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes