demensia

Olahraga Rutin, Kunci Mencegah Demensia

Melakukan olahraga rutin, menjaga pola makan yang sehat, serta bermain puzzle ternyata tidak hanya menyehatkan bagi tubuh kita. Namun, aktivitas tersebut ternyata dapat mencegah seseorang dari demensia.

demensia

Perubahan gaya hidup yang simple ternyata dapat menyelamatkan 80.000 orang dari penyakit demensia di Inggris saja setiap tahunnya. Studi ini menunjukkan bahwa perubahan yang lebih sehat dalam hidup dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit otak saat mereka tumbuh tua.

Peneliti mengatakan, dengan melakukan olahraga teratur untuk tubuh dan pikiran, tiga juta kasus demensia di Inggris dapat dicegah pada tahun 2040 mendatang.

Hasil studi menunjukkan, setengah dari 1.200 pria dan wanita yang melakukan perubahan pola makan yang sehat, memulai latihan otak (seperti bermain puzzle atau teka-teki silang), dan olahraga teratur, terbukti dapat meningkatkan kesehatan hati dan otak.

Ahli bedah dan Mantan Menteri Kesehatan Buruh di Inggris, Lord Ara Darzi mengatakan bahwa secepatnya mengubah gaya hidup yang lebih sehat seperti rutin melakukan olahraga, makanan yang sehat, dan permainan puzzle akan dapat merangsang otak yang mampu mencegah demensia.

Menurutnya, penyakit demensia ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Karena itu, mencegah demensia adalah salah satu tantangan kesehatan terbesar yang akan dihadapi.

Darzi mengatakan bahwa tidak harus menunggu obat untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya demensia. Karena itu, perlu cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak, seperti ketrampilan bermain catur, atau teka-teki silang.

“Makan makanan yang sehat, menghindari obesitas, dan banyak melakukan latihan atau aktivitas fisik penting bagi kesehatan otak karena apa yang baik untuk hati kita juga baik untuk kepala kita,” kata Darzi seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Darzi menambahkan, tekanan darah tinggi memiliki risiko 60 persen kemungkinan seseorang mengalami demensia. Selain itu, diabetes tipe 2 sering diakibatkan oleh mereka yang mengalami obesitas.

Obesitas dan rokok adalah pemicu munculnya beberapa penyakit kronis, salah satunya demensia. Perubahan gaya hidup yang sehat secara signifikan menunjukkan bahwa individu bisa mencegah datangnya demensia. (ctr)

BACA JUGA: Olahraga Rutin Kontrol Tekanan dan Glukosa Darah

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes