olahraga untuk jantung

Olahraga Yang Sebaiknya Dihindari Pasca Operasi Jantung

Olahraga memang sangat dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, beberapa olahraga berikut sebaiknya dihindari bagi penderita penyakit jantung setelah menjalani operasi.

olahraga untuk jantung

Olahraga yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit jantung pasca operasi adalah olahraga berat, seperti sebentar lari, sebentar berhenti. Meski demikian, bukan berarti harus meninggalkan aktivitas olahraga secara keseluruhan.

“Olahraga yang memiliki dampak besar seperti tenis, basket, dan sepakbola. Sebentar lari, sebentar berhenti,” kata Spesialis Bedah Toraks dan Kardiovaskuler dr. Hariadi Hadibrata, dikutip dari Antara News, Rabu (25/02).

Olahraga ringan tetap perlu dilakukan secara teratur, seperti jogging dan berenang. Selain olahraga ringan, penderita penyakit jantung juga harus minum obat secara teratur setelah menjalani operasi.

“Minum obat teratur wajib bagi yang sudah operasi karena kita memasukkan sesuatu yang asing ke jantung,” tambahnya.

Selain olahraga dan minum obat, penderita penyakit jantung disarankan sebaiknya tidak makan sembarangan serta menjalani fisioterapi. Hal ini dimaksudkan agar perawatan pasca operasi berjalan dengan maksimal. (ctr)

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan Dengan Tepung Pisang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes