Orang Ber-IQ Tinggi Lihai Melihat Benda Bergerak Cepat

Jika pada penelitian sebelumnya diketahui bahwa pemilik IQ (intelligence quotient) tinggi memiliki libido yang tinggi, kali ini temuan terbaru menyebutkan bahwa pemilik IQ tinggi memiliki kemampuan sensorik yang tinggi pula.

Orang-Ber-IQ-Tinggi-Lebih-Lihai-Melihat-Benda-Bergerak-Cepat

Peneliti menganggap bahwa pemilik IQ tinggi lebih selektif ketika mengamati objek bergerak. Mereka memiliki kencenderungan melihat objek lebih teliti bahkan saat benda tersebut begerak, seperti dilansir Dailymail.

Duje Tadin salah seorang peneliti dari University of Rochester mengatakan, “Ini tidak berarti orang dengan IQ tinggi hanya lebih baik dalam persepsi visual. Sebaliknya, persepsi visual mereka lebih diskriminatif.”

Untuk menguji hal ini peneliti mengumpulkan beberapa orang ber-IQ tinggi dan ber-IQ sedang. Kedua kelompok diminta untuk melihat video balok bergerak pada layar komputer. Partisipan diminta menyatakan ke mana arah balok tersebut bergerak.

Hasilnya, partisipan dengan IQ tinggi dapat menangkap gerakan balok dan menentukan ke mana arah balok dalam video tersebut ketimbang partispan ber-IQ sedang.

Sedangkan untuk pada tes berikutnya yang memperlihatkan balok berukuran lebih besar, peneliti justru memperoleh hasil yang berlawanan.

Partisipan ber-IQ tinggi lebih lambat menangkap gambar berukuran besar yang ada dihadapan mereka ketimbang partisipan ber-IQ sedang.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Cell Press Journal Current Biology. (dan)

BACA JUGA : Tahukah Anda? Gigi Peminum Soda Mirip Gigi Pecandu Narkoba!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes