Otot Makin ‘Tajam’ dengan Latihan Kardio

Latihan kardio secara teratur telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, memperkuat tulang, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan energi, memperkuat jantung dan paru-paru serta melancarkan peredaran darah.

Otot-Makin-Tajam-dengan-Latihan-Kardio

Kardio juga membantu membuang asam laktat yang terbentuk dalam tubuh. Lalu bagaimana caranya latihan kardio dapat membantu pembentukan otot?

Asam laktat adalah penyebab Anda merasakan lelah setelah berlatih. Asam laktat juga akan memperlambat pemulihan dan dapat menyebabkan nyeri otot. Padahal pemulihan sangat penting bagi perkembangan otot. Karena latihan kardio memperbaiki peredaran darah dan oksidasi senyawa beracun yang terbentuk setelah latihan intensif, tubuh Anda akan membuang sendiri asam laktat yang terbentuk pasca latihan lebih cepat ketika Anda melakukan kardio secara teratur, sehingga pemulihan dan pertumbuhan otot Anda pun lebih cepat.

Anda bisa dapatkan semua manfaat kardio, mulai dari meningkatkan tingkat energi Anda untuk meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap dan menggunakan nutrisi dengan optimal, dan membuang racun. Ini menjadi jelas bahwa latihan beban dikombinasikan dengan latihan kardio moderat akan membantu mempercepat pembentukan otot Anda.

Berikut ini beberapa panduan dasar yang bisa Anda ikuti untuk melakukan latihan kardio:

  • Lakukan latihan kardio minimal 20 menit sebanyak 3 kali per minggu.
  • Pilih latihan kardio intensitas ringan hingga sedang, seperti jalan cepat
  • Untuk mempermudah memonitor detak jantung Anda, bisa dengan menggunakan alat pengukur detak jantung
  • Pilih bentuk latihan kardio yang Anda sukai dan paling Anda nikmati. Satu jenis latihan saja belum tentu lebih baik dari yang lain, karena kardio adalah kardio, dan itu tidak menjadi masalah tentang jenis kardio apa yang Anda lakukan. Yang penting adalah seberapa keras Anda berlatih. Tubuh Anda akan membakar jumlah kalori yang sama asalkan dilakukan pada detak jantung tertentu yang sama, baik Anda lakukan kardio Anda dengan bersepeda, naik turun tangga, ataupun berjalan kaki.

Kardio intensitas sedang setelah latihan beban akan membantu membakar lemak yang menutupi otot tubuh Anda, sehingga otot Anda akan terlihat lebih jelas dan lemak pun tersingkir dari tubuh Anda. (dan)

BACA JUGA : Latihan di Rumah Baik Dilakukan, Asal…

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes