Pangkas Kolesterol dengan 5 Makanan Ini!

Bila ingin sehat, biasakan diri untuk konsumsi makanan-makanan sehat. Mengonsumsi 5 makanan ini diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

W

Simaklah jenis-jenis makanan terbaik berikut ini yang bisa membuat jantung Anda awet muda dan sehat, serta secara alamiah mampu memangkas kolesterol Anda.

1. Oats dan makanan tinggi serat

Konsumsi semangkuk oatmeal sangat ampuh dalam mengurangi tingkat lipoprotein, yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat, karena mengandung serat larut. Serat larut ini juga membantu dalam pengurangan penyerapan kolesterol dalam darah. Asupan rutin makanan ini, sekitar lima gram serat larut, terbukti sangat menguntungkan. Oat dapat dimasukkan dalam roti, muffin, dan berbagai makanan lain yang bisa dimakan pada saat sarapan.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung agen penurun kolesterol dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sambil menjaga kolesterol baik. Cobalah konsumsi sekitar 23 gram minyak zaitun per hari sebagai alternatif minyak goreng lainnya yang Anda gunakan dan rasakan khasiatnya.

3. Teh Hijau

Menurut para ahli, minum secangkir teh hijau secara signifikan dapat mengurangi kolesterol jahat. Ini mengandung asam folat agen penurun kolesterol, yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Ini mencegah pembekuan darah, sehingga memperkuat jantung dan melindungi dari penyakit kardiovaskular stroke dan lainnya.

4. Kacang-kacangan

Menurut ahli gizi, kacang mampu memblokir penyerapan kolesterol dalam darah dan juga mengurangi jumlah trigliserida, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang juga berisi jumlah cukup protein, serat, vitamin, dan lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan diet kolesterol rendah yang seimbang. Kacang-kacangan ini seperti hazelnut, almond, pistachio, yang sangat sehat untuk cemilan.

5. Kedelai

Kedelai adalah makanan terjagkau dan bergizi lengkap. Studi menunjukkan bahwa kedelai mengandung isoflavon yang membantu dalam menurunkan kolesterol sampai sekitar 10%. Kedelai adalah sumber yang kaya vitamin, fosfor kalsium, dan zat besi. Ini juga berfungsi sebagai pengganti yang baik untuk lemak hewan. (jay)

BACA JUGA: Jalan Kaki Ampuh Turunkan Risiko Stroke pada Wanita!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes