Pasien Diabetes Hilangkan 12 Persen Lemak Perut dengan Sepak Bola

Demam Piala Dunia tidak hanya menjangkiti mereka yang berbadan sehat, pasien diabetes di seluruh dunia pun mendapatkan berkah lewat event bergengsi yang digelar di Brasil ini. Apa pasal?

sepakbola-membakar-lemak-perut

Studi baru menunjukkan bahwa berlatih sepak bola menghasilkan perubahan signifikan dalam komposisi tubuh dan kontrol glikemik pada pasien diabetes tipe 2, dan efektif menurunkan tekanan darah pada pria dengan tekanan darah tinggi.

Penelitian itu dilakukan oleh Copenhagen Centre for Sport Team di University of Copenhagen. Penelitian menunjukkan bahwa 24 minggu sesi pelatihan sepak bola dua kali seminggu diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung pada pria dengan tekanan darah tinggi dan pria dengan diabetes tipe 2.

Selain itu, pria dengan diabetes tipe 2 dapat menghilangkan 12 persen lemak perut mereka dan menurunkan gula darah mereka 20 persen lebih banyak.

Efek ini cenderung mengurangi risiko terkena penyakit jantung termasuk gagal jantung dan infark miokard, dan para peserta dapat mengurangi kebutuhan obat anti-diabetes dan anti-hipertensi pada akhir studi.

“Saya merasa memiliki lebih banyak energi dalam kehidupan, dan itu pasti berhubungan dengan menjadi lebih bugar,” kata Soren Sonberg, salah satu pasien dengan diabetes tipe 2, yang berpartisipasi dalam studi ini.

“Pada saat yang sama, pasien diabetes berhasil mengurangi hampir 2 kg lemak. Tingkat kebugaran fisik yang prima dikombinasikan dengan persentase lemak tubuh yang lebih rendah membuat mereka lebih mudah menjalankan aktivitas sehari-hari, “terang Profesor Jens Bangsbo selaku ketua penelitian.

“Kami menemukan bahwa latihan sepak bola pada pria dengan diabetes tipe 2 secara signifikan mengurangi lemak perut dan meningkatkan kontrol glukosa darah, yang penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi diabetes,” kata Bangsbo.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Medicine dan Science in Sports. (dan)

BACA JUGA : BAWANG PUTIH AMPUH REDAKAN TUBERKOLOSIS

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes