olahraga bagi diabetes

Pasien Diabetes Sebaiknya Olahraga Pasca Makan Malam

Olahraga memang sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk bagi pasien diabetes tipe 2. Terbaru, olahraga setelah makan malam disebut lebih efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

olahraga bagi diabetes

Pasien diabetes tipe 2 memiliki kadar gula dan lemak tinggi dalam darah mereka. Hal itu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan jantung. Olahraga merupakan rekomendasi yang populer bagi mereka penderita diabetes tipe 2.

Penelitian kecil dilakukan oleh Univeristy of Missouri untuk mengetahui manfaat olahraga sebelum dan sesudah makan malam. Hasilnya, olahraga setelah makan malam lebih efektif mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.

“Studi ini menunjukkan bahwa bukan hanya intensitas atau durasi olahraga yang penting, melainkan kapan olahraga dilakukan juga penting. Hasil penelitian ini menunjukkan, latihan resistensi memiliki efek paling besar untuk mengurangi kadar glukosa dan lemak dalam darah jika dilakukan setelah makan malam,” kata Jill Kanaley dari University of Missouri departemen gizi dan latihan fisiologi, dikutip dari Medical News Today, Senin (23/02).

Kanaley dan kolega melakukan studi pada penderita diabetes tipe 2. Beberapa peserta diarahkan melakukan latihan resistensi sebelum makan malam, sementara beberapa lainnya melakukan latihan setelah makan malam. Latihan tersebut meliputi leg curls, seated calf raises, dan abdominal crunches.

Hasilnya, peserta yang melakukan latihan sebelum makan malam dengan karbohidrat sedang dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Namun peserta yang latihan setelah makan malam, dapat menurunkan kadar gula dan lemak.

Menurut Kanaley, hasil temuan ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, terutama bagi mereka yang telah melakukan latihan atau olahraga namun belum merasakan hasilnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Phsyiology ini mengatakan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk meneliti bagaimana olahraga di pagi hari berbeda dengan olahraga setelah makan malam. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui bagaimana kadar hormon seseorang mempengaruhi hasil latihan. (ctr)

BACA JUGA: Apa Bedanya Whey Protein Concentrate vs Isolate?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes