Peneliti Temukan Protein Pelawan Infeksi

Sekelompok ilmuwan telah menemukan bagaimana sebuah molekul protein meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam sel-sel (yang berhubungan dengan kekebalan tubuh), yang pada gilirannya membantu dalam pencegahan tubuh dari serangan mikroba.

protein pelawan infeksi

Protein ini bertindak sebagai target untuk membatasi respon inflamasi sehingga membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi tanpa menyebabkan kerusakan pada jaringan.

Ravi Ranjan, ilmuwan dari University of Illinois di Chicago mengatakan, “NFATc3 adalah salah satu dari banyak molekul protein yang berperan penting dalam regulasi gen sel-T dan sel-B dari sistem pertahanan. Oleh karena itu, kami ingin tahu apakah molekul ini memiliki peran dalam makrofag ( sel-sel pembunuh khusus dari sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan bakteri.)”

“Penelitian kami menunjukkan bahwa NFATc3 diperlukan tubuh untuk melawan infeksi secara efektif,” tambahnya.
“Kami harapkan sel-sel ini akan jauh lebih efektif dalam membunuh bakteri dengan bantuan NFATc3. Sistem kekebalan tubuh harus menjaga keseimbangan antara melawan infeksi dan mempertahankan diri agar tidak memberikan dampak merugikan bagi tubuh,” kata Ranjan.

Ranjan menambahkan, mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh baik dari asupan makanan harian dan suplementasi akan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. “Tidur cukup juga berperan penting dalam membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat. Kombinasi keduanya akan membentuk benteng pertahanan yang kokoh,” terang Ranjan seperti dilansir Zeenews. (dan)

BACA JUGA : MAKIN GEMUK SESEORANG, MAKIN KECANDUAN MAKANAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes