manfaat berenang

Penelitian: Berenang Adalah Kunci Kebahagiaan

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa berenang bisa menjadi pembangkit perasaan gembira dalam hati. Jika Anda saat ini sedang merasa murung, sedih, dan galau, berenang bisa menjadi jawaban untuk kesengsaraan Anda.
manfaat berenang
Anggota dari British Gas SwimBritain (sebuah komunitas berenang yang ada di Inggris) menemukan bahwa setiap kali seseorang menenggelamkan tubuhnya sesaat di dalam air, suasana hati orang yang bersangkutan cenderung membaik. Jika mereka berenang satu hingga dua putaran mereka akan mendapatkan kebahagiaan dua kali lebih besar dan badan mereka terasa lebih sehat.

Partisipan yang mengikuti studi ini diketahui mengalami peningkatan emosi positif (bahagia) sebanyak 35 persen dari kondisi yang sebelumnya murung, sedih dan galau, setelah menceburkan diri ke dalam air.

Hasil studi juga menemukan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur partisipan, sehingga lebih mudah melupakan suasana hati yang kurang baik.

“Air adalah ciptaan Tuhan yang dekat dengan hati setiap manusia dan itulah sebabnya banyak di antara kita yang bisa kembali menemukan kehidupan setelah menceburkan diri ke dalam air. Ini adalah hasil studi yang baik. Membawa suasana hati ke arah yang lebih baik akan menjaga tubuh Anda tetap sehat,” kata Becky Adlington selaku pimpinan studi.

Manfaat menyehatkan dari berenang juga ditemukan oleh tim peneliti dari Columbia University Medical Center. Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik.

Seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8%.

Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: Ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot. (dan)

BACA JUGA : HILANGKAN 12 PERSEN LEMAK PERUT DENGAN SEPAK BOLA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes