Penelitian: Musim Dingin Juga Ampuh Membakar Kalori

Ini akan membuat Anda jatuh cinta dengan musim dingin! Menurut penelitian terbaru, dingin bisa memicu tubuh Anda untuk membentuk lemak cokelat atau lemak ‘baik’, sehingga Anda bisa membakar kalori lebih banyak.

Para peneliti mengatakan manusia dilahirkan dengan lemak coklat di sekitar tulang belikat mereka, yang memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh kita sebagai bayi, dengan membakar kalori dan lemak cadangan untuk membuat kita tetap hangat.

Para ilmuwan sudah sejak lama meyakini bahwa lemak cokelat hilang pada masa bayi, ketika lemak ini habis secara fisiologisnya telah habis.

Namun, 5 tahun yang lalu, lemak cokelat ditemukan kembali pada orang dewasa, ketika para peneliti melakukan scan pada pasien dewasa di musim dingin, yang melihat daerah berlemak yang tampaknya dibangkitkan oleh cuaca dingin.

Hasil scan mereka mendeteksi beberapa ons lemak cokelat di punggung atas, di sisi leher, di antara tulang selangka dan bahu, dan sepanjang tulang belakang.

Sejak itu, lemak coklat berkembang pesat di area tersebut, sehingga peneliti percaya bahwa lemka ini bisa memegang kunci penting untuk masalah berat badan. Bukan hanya dingin, tetapi makanan tertentu ternyata juga bisa mengaktifkannya.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Michael Symonds dari Queen’s Medical Centre, University of Nottingham, telah menyarankan beberapa cara sederhana untuk mengaktifkan lemak coklat di tubuh.

Saat di musim dingin, Anda sebaiknya matikan pemanas dan kenakan jaket jika Anda merasa terlalu dingin. “Kita perlu merasa dingin untuk membakar kalori,” ujar Symonds seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Selain itu, Symonds menyarankan agar menambahkan cabe ke makanan, karena mengandung bahan aktif capsaicin yang telah terbukti memicu lemak cokelat.

Ia menambahkan, orang-orang yang ingin menurunkan berat badan tidak harus nge-gym. Anda bisa berjalan kaki, berlari, atau bersepeda di outdoor di saat hari yang dingin. Melakukan hal tersebut bisa membantu kinerja lemak cokelat.

Symonds mengatakan, olahraga apapun di luar ruangan itu sangat bermanfaat. Untuk makanan, Anda bisa mengonsumsi produk-produk susu seperti yoghurt, susu murni dan keju yang dianggap penting dalam mengaktifkan lemak cokelat. (jay)

BACA JUGA : 5 Yoga untuk Redakan Nyeri pada Persendian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes