Penelitian: Stroke pada Usia Muda Kian Meningkat

Menurut hasil penelitian terbaru, penyakit mematikan stroke menjadi lebih umum terjadi pada orang yang berusia lebih muda, dengan perbandingan sekitar 1 dari 5 korban sekarang di bawah usia 55 tahun.

Penilitian ini menelusuri data 1,3 juta orang di wilayah AS dan menemukan 19 persen dari mereka yang mengalami stroke pada 2005 berada dalam kelompok usia ini, naik dari 13 persen pada 1993.

“Faktor dibalik tren stroke ini bisa karena peningkatan faktor risiko seperti diabetes, obesitas dan kolesterol tinggi,” ujar penulis penelitian Brett Kissela dari University of Cincinnati College of Medicine di Ohio, AS.

“Faktor-faktor lain, seperti proses diagnosis yang sudah lebih baik melalui peningkatan penggunaan MRI juga dapat berkontribusi. Oleh karena itu, meningkatnya tren yang ditemukan dalam penelitian kami ini menjadi perhatian besar bagi kesehatan masyarakat, karena stroke pada usia muda akan berisiko kecacatan seumur hidup yang lebih besar,” lanjut Kissela, seperti dikutip Zeenews.com.

Para peneliti juga meneliti stroke pada orang berusia antara 20-54 tahun di wilayah Greater Cincinnati/Northern Kentucky selama tiga tahun terpisah, yakni satu tahun penuh selama periode antara Juli 1993 dan Juni 1994, dan tahun kalender 1999 dan 2005. Dan, hanya stroke yang pertama kali dimasukkan dalam analisis ini.

Hasilnya, usia rata-rata orang yang mengalami stroke tercatat turun dari usia 71 tahun pada 1993 dan 1994 sampai 69 tahun pada 2005.

Tak hanya itu, stroke di antara orang di bawah usia 55 tahun tercatat memiliki persentase yang lebih besar dari semua stroke dari waktu ke waktu, naik dari sekitar 13 persen di 1993-94 menjadi 19 persen pada 2005.

“Kabar baiknya adalah bahwa beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kemungkinan stroke dapat diperbaiki dengan perubahan gaya hidup, seperti diet dan olahraga,” tambah Kissela.

“Namun, mengingat meningkatnya stroke di antara mereka yang lebih muda dari 55 tahun, orang dewasa harus rajin ke dokter secara teratur untuk memantau kesehatan secara keseluruhan dan risiko stroke, serta penyakit jantung,” tutup Kissela. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal medis dari American Academy of Neurology.

So, mulai sekarang rajin olahraga dan ubahlah gaya hidup Anda ke yang lebih sehat demi masa depan Anda. Be aware, guys! (jay)

BACA JUGA : Sport Anemia. Waspadalah, Bisa Jadi Anda Sedang Mengalaminya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes