Pentingnya Vitamin D Bagi Otot si Anak!

Manfaat vitamin D selalu identik dengan kesehatan kulit, namun ternyata selain dapat memperbaiki sel-sel dalam kulit yang rusak, vitamin D juga baik bagi perkembangan otot si anak lho!

Pentinya Vitamin D Bagi Otot si Anak

Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 700 ibu dan anak-anak, para peneliti menemukan bahwa wanita yang kadar vitamin D dalam darahnya baik selama kehamilan, memiliki anak dengan otot-otot yang kuat setelah berusia 4 tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr.Nicholas Harvey dari Southampton University, UK, ini mengacu pada data kesehatan ibu yang dibandingkan dengan data kesehatan anak-anaknya.

Menurut Harvey, vitamin D memiliki efek pada serat otot sejak janin masih dalam rahim, sehingga membantu proses pembentukan otot-otot janin, dan akan perkembang menjadi lebih kuat setelah berusia 4 tahun.

Penelitian yang juga telah di publikasin dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism ini juga menjelaskan bahwa meskipun vitamin D banyak di temukan pada minyak ikan dan makanan lainnya, vitamin D yang lebih baik itu terdapat pada sinar matahari.

Namun peneliti juga menyarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi suplementasi yang banyak mengandung vitamin D.

Pentingnya vitamin D pada masa kehamilan juga diutarakan oleh para peneliti lain yang menemukan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang memiliki kadar vitamin dalam darahnya rendah memiliki tulang yang lebih lemah, sehingga rentan terkena penyakit penuaan pada usia dewasa nanti.

Harvey menyimpulkan bahwa penelitian ini menjadi tambahan bukti yang menunjukan bahwa awal kehidupan seseorang adalah benih untuk menghadapi hari tua. (boy)

BACA JUGA : Makanan Kaya Vitamin D dan Kalsium Bantu Perpanjang Usia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes