Penyakit Ini Bisa Terjadi kalau Terlalu Lama di Depan Komputer

Sebuah studi terbaru menyebutkan, bekerja di depan layar komputer selama lebih dari tujuh jam per hari dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit mata kering.

akibat-terlalu-lama-di-depan-komputer

Cairan air mata yang melindungi dan melumasi mata mengandung protein yang disebut MUC5AC yang disekresikan oleh sel-sel khusus di kelopak mata.

Para peneliti telah menemukan tingkat MUC5AC dalam air mata orang-orang yang seharian bekerja di depan komputer hampir serendah pada orang dengan penyakit mata kering.

Orang-orang menatap layar juga cenderung membuka kelopak mata yang lebih lebar dibandingkan dengan melakukan aktivitas lain. Ini artinya semakin luas permukaan mata yang berpotensi mengalami penguapan yang mengakibatkan penyakit mata kering.

“Pekerja kantor yang khawatir tentang mata kering dapat membuat beberapa perubahan sederhana untuk mengurangi risiko penyakit tersebut. Luas permukaan okular yang terkena bisa dikurangi dengan dengan memiringkan layar ke atas,” jelas Dr Yuichi Uchino, seorang dokter mata di School of Medicine di Universitas Keio, Tokyo.

Peneliti mengambil sampel air dari mata 96 pekerja kantor di Jepang. Mereka kemudian mengukur konsentrasi MUC5AC dengan jumlah total protein dalam air mata.

Jumlah MUC5AC dalam air mata pekerja yang menatap layar komputer selama lebih dari tujuh jam per hari, rata-rata, 38,5 persen lebih rendah dari jumlah pekerja yang menghabiskan kurang dari lima jam sehari menatap layar komputer.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Ophthalmology. (dan)

BACA JUGA : MAKIN GEMUK SESEORANG, MAKIN KECANDUAN MAKANAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes