Peran Minyak Ikan dalam Melawan Alzheimer

Menurut para ilmuwan, mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, makarel, atau sarden dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ikan-ikan ini kaya akan jenis vitamin D tertentu, yakni D2, yang jarang dikonsumsi seorang pasien Alzheimer. Metabolit D2 hanya bisa didapatkan dari makanan, ketimbang paparan sinar matahari seperti jenis-jenis lain dari vitamin D.

Para peneliti dari Kingston University, Inggris, melakukan penelitian baru ini selama enam bulan bersama para ilmuwan di Brighton and Sussex Medical School dan Sussex Partnership NHS Foundation.

“Ada beberapa jenis vitamin D yang bisa aktif dalam tubuh. Titik kunci dalam penelitian ini adalah tes darah, yang kami kembangkan di Kingston University, dan ini untuk pertama kalinya mampu secara akurat diukur,” Prof. Naughton, seperti dikutip Daily Express.

Diperkirakan bahwa obat inhibitor acetylcholinesterase, yang digunakan untuk mengobati tahap awal Alzheimer, mampu “mengaktifkan” kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin D2.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Current Alzheimer Research, akhirnya bisa membuka jalan untuk saran pola makanan yang lebih baik atau konsumsi suplemen untuk mengembalikan kadar vitamin D2. (jay)

BACA JUGA : Miliki Kulit Cantik & Sehat dengan Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes