Perangi Kanker Prostat dengan Konsumsi Ikan!

Hobi makan ikan? Beruntung bagi Anda! Pasalnya, mengonsumsi ikan atau minyak ikan dengan teratur bisa secara signifikan meningkatkan pertahanan tubuh Anda dari serangan kanker prostat.

Penelitian, yang dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa pasien yang secara teratur mengonsumsi minyak ikan omega-3 dalam jumlah tinggi tercatat bisa mengurangi hingga 34-40 persen risiko kematian akibat penyakit tersebut.

Penelitian berumur 20 tahun di Harvard School of Public Health, Boston, ini juga menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah tinggi tercatat dua kali lipat berisiko kematian akibat tumor dibandingkan pasien yang sedikit mengonsumsi itu.

Menurut penelitian, risiko kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia dan pria di atas 50 tahun lebih mungkin untuk mengembangkan tumor, yang ditleiti memiliki elemen genetik kuat dalam pengembangan tumor.

Para ilmuwan meneliti 525 pria dengan usia rata-rata 70 yang mendaftar sebuah penelitian jangka panjang pada 1989 setelah didiagnosa menderita kanker prostat. Para pasien juga ditanyai tentang kebiasaan makan mereka, termasuk konsumsi berbagai jenis lemak.

Selama 20 tahun berikutnya, semua orang ditindaklanjuti untuk memantau tingkat ketahanan hidup. Hasil penelitian menunjukkan, pada Maret 2011, sebanyak 222 dari mereka sudah meninggal dunia karena kanker prostat dan 268 lainnya meninggal dunia akibat penyebab lain.

Ketika membandingkan penyebab kematian dengan kebiasaan makan mereka, peneliti menemukan pria yang secara teratur memakan ikan dengan kandungan minyak tinggi tercatat bisa mengurangi 34-40 persen risiko meninggal dunia akibat kanker prostat yang mereka derita.

Para peneliti mengatakan, jenis makanan tampaknya memiliki efek yang kuat pada tumor yang masih berada dalam tahap awal pengembangan.

“Konsumsi ikan dapat memiliki efek perlindungan sederhana pada risiko dan pengembangan kanker prostat, serta mortalitas penyakit tertentu. Hasil ini menunjukkan bahwa tumor tahap awal mungkin lebih responsif terhadap faktor makanan dan pola makan juga bisa mempengaruhi prognosis setelah diagnosis kanker prostat tahap awal,” kata para peneliti seperti dikutip Daily Mail.

Menurut penelitian tahun lalu, yang dilakukan University of California, para peneliti menemukan bahwa minyak ikan bisa mengurangi jumlah pembagian sel secara cepat dalam jaringan kanker prostat, dan berpotensi mengurangi kemungkinan penyakit ini menyebar ke bagian tubuh lain. (jay)

BACA JUGA : 5 Penghilang Stres di Tempat Kerja

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes