tips memilih ikan

Perhatikan Ini Agar Kandungan Gizi Ikan Tidak Rusak

Ikan merupakan sumber nutrisi yang kaya akan manfaat kesehatan, seperti protein dan Omega-3 yang baik untuk perkembangan otot dan kinerja jantung.

tips memilih ikan
Protein pada ikan tersusun atas asam amino esensial yang lengkap dan lebih mudah dicerna dibanding protein dari sumber hewani lainnya.

Sementara kandungan lemak ikan lebih sehat ketimbang sumber lemak hewani lain seperti daging ayam dan daging sapi. Kalau biasanya orang sengaja membatasi asupan daging merah karena khawatir akan mengalami timbunan lemak (jenis asam lemak jenuh) dan kolesterolnya, tidak begitu halnya dengan ikan.

Ikan justru diburu karena lemaknya. Berbeda dari lemak hewan lainnya, lemak pada ikan berbentuk cair, bahkan di suhu rendah sekalipun. Makanya, disebut minyak ikan, bukan lemak ikan. Lemak biasanya mengacu pada bentuk padat, moncler jacket acorus 2 seperti lemak sapi atau lemak kambing.

Keunggulan lain dari lemak yang terkandung pada ikan berkaitan dengan penyakit degeneratif, seperti jantung dan hipertensi. Seseorang yang rajin mengonsumsi ikan, berisiko lebih kecil terserang penyakit jantung koroner. Di dalam tubuh, asam lemak tak jenuh akan diubah menjadi HDL (kolesterol baik) yang dapat menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah di jantung.

Namun, ada yang perlu Anda perhatian sebelum membeli dan mengolah ikan agar segala manfaat sehat pada ikan bisa Anda dapatkan sepenuhnya:

Carilah ikan yang berasal dari laut dalam. Ikan jenis ini biasanya memiliki kandungan Omega-3 paling tinggi. Golongan ikan laut dalam adalah tuna yang mengandung 2,1 gr Omega-3 /100 gr. Ada juga ikan salmon yang mengandung 1,4 gr Omega-3/100 gr dan ikan buntal dengan 2, monster beats studio wireless by dre 2 gr Omega-3/100 gr.

Asam lemak Omega-3 mudah rusak karena panas. So, memasak dengan cara dipanggang, dipepes, atau dikukus bisa menjadi solusi yang lebih baik ketimbang di goreng. Menggoreng bisa merusak kandungan asam lemak Omega-3 ketimbang proses pengolahan lainnya.

Belilah ikan di tempat yang khusus menjual ikan segar, agar kualitasnya lebih terjamin. Ciri-ciri ikan segar adalah; mata jernih, insang kemerahan, sisik melekat kuat, masih beraroma khas ikan, monster beats audio adidas dan tidak ada bekas permanen saat ditekan. (dan)

BACA JUGA : 4 Kebiasaan Sehat yang Bikin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes