Perkenalkan Lunasin, Zat Nutrisi Kedelai Anti Kanker Usus Besar

Studi baru telah mengungkapkan bahwa peptida (molekul asam amino) dalam kedelai yang bernama lunasin mampu mengurangi metastasis atau penyebaran kanker usus besar pada tubuh.

“Dalam studi ini, kami telah menemukan bahwa pemberian lunasin melalui saluran pencernaan sebanyak 20 mg/kg berat badan dapat mengurangi jumlah penyebaran tumor usus besar sebesar 94% dari 18 tumor dan hanya tersisa satu tumor. Hal itu dilakukan dengan zat lunasin saja, tidak dicampur dengan terapi atau zat lain,” kata Dr. Elvira de Mejia seorang profesor kimia makanan dan toksikologi makanan dari University of Illinois, AS. Dalam studi sebelumnya, suntikan lunasin yang dicampur oxaliplatin (obat kemoterapi), dapat menurunkan 6 kali lipat penyebaran tumor ke hati.

Perkenalkan Lunasin, Zat Nutrisi Kedelai Anti Kanker Usus Besar

“Yang kami pelajari dari penelitian ini adalah bahwa zat lunasin yang terdapat pada kedelai dapat menembus sel kanker dan menghentikan sel kanker serta berinteraksi dengan setidaknya satu jenis reseptor pada sel yang siap bermetastasis (menyebar),” kata Vermont Dia, seorang doktor dari University of Illinois yang ikut dalam penelitian ini.

Para peneliti berencana mengulangi kembali penelitian dengan menggunakan lunasin sebanyak 30 mg/kg berat badan. “Tersisa satu tumor masih terlalu banyak bagi kami. Kami ingin tidak ada satu tumor pun yang tersisa,” kata de Mejia. Namun para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kedelai atau makanan dari kedelai untuk mencukupi 20-30 mg lunasin per kg berat badan akan membingungkan dalam hal jumlah porsi per hari yang harus dikonsumsi. “Jadi disarankan untuk menambah makanan produk kedelai seperti susu kedelai atau yoghurt kedelai dalam menu diet sehari-hari,” sambungnya.

“Lunasin pada kedelai juga bagus untuk penambah nutrisi protein dalam diet sehat seseorang. Tidak hanya untuk penambah nutrisi saja, tetapi juga sebagai pencegah pertumbuhan kanker usus besar pada tubuh,” tutup Dr. Elvira de Mejia.

Well fitness mania, sudahkan Anda mengonsumsi kedelai hari ini? Tempe dan tahu juga termasuk makanan dari kedelai lho! (boy)

BACA JUGA : Tomat dan Kedelai, Senjata Ampuh Cegah Kanker Prostat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes