Perkuat Tubuh dengan Konsumsi Kismis!

Selain bisa melezatkan makanan, anggur kering atau yang sering disebut kismis ternyata punya manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Menurut penelitian terbaru, kismis bisa membantu kekuatan tubuh saat berolahraga dan memiliki kandungan yang setara dengan energy bar.

Seperti dikutip Dailymail.co.uk, kismis ini membantu para atlet untuk menambahkan energi yang mereka butuhkan selama olahraga berat. Penelitian ini dilakukan sekelompok ilmuwan dari University of California-Davis, AS.

Tim peneliti mempelajari orang-orang yang berlari sejauh tiga mil, dan sebelumnya sudah diberikan kismis, energy bar, atau hanya air.

Pelari yang memakan kismis atau energy bar bisa berlari menempuh jarak tersebut selama rata-rata satu menit lebih cepat dibanding mereka yang hanya meminum air.

Kismis terdiri dari 60% frutoksa dan 40% glukosa. Tahukan Anda? kismis juga memiliki kandungan antioksidan dibandingan dengan buah yang dikeringkan lainnya. Sejak dulu kismis digunakan sebagai bahan makanan sumber diet untuk mendapatkan asam lemak dan tokoferol sebagai antioksidan.

Manfaat kesehatan lainnya dari kismis, termasuk: melindungi hati, memperlancar pembuangan air dan kotoran pada sembelit, memperbaiki tekstur kulit dan kekenyalan kulit, melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi.

Tidak hanya itu saja khasiatnya, kismis juga mampu menurunkan kadar radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel dan dapat membuat tubuh menjadi lemas.

Demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of International Society of Sports Nutrition. (jay)

BACA JUGA : Mual saat Hamil? Cegah dengan Vitamin B!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes