mengurangi lemak

Pernapasan Bantu Keluarkan Lemak Tubuh

Banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan agar terlihat langsing dan ideal. Jika berat badan sudah turun, lalu kemana hilangnya lemak?

mengurangi lemak

Dilansir timesofindia.com, peneliti mengatakan bahwa lebih dari 80 persen lemak tubuh dapat hilang melalui pernapasan saat melakukan latihan atau olahraga. Menurut peneliti, hal itu menunjukkan bahwa paru-paru adalah organ ekskresi utama untuk lemak.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ) ini mengatakan, karbohidrat atau protein berlebih pada makanan diubah menjadi trigliserida. Yaitu karbon dioksida, oksigen, dan hidrogen. Untuk proses mengurangi lemak dalam tigliserida nanti, perlu yang dinamakan oksidasi.

Peneliti menemukan, ketika 10 kilogram lemak dioksidasi, maka 8,4 kilogram keluar melalui paru-paru dalam bentuk karbon dioksida (CO2), sementara sisanya menjadi air (H2O). Peneliti juga mengatakan bahwa jumlah oksigen yang dihirup untuk proses metabolisme ini beratnya hampir tiga kali lebih banyak daripada lemak yang akan dihilangkan.

Agar lemak benar-benar teroksidasi sebanyak 10 kilogram, oksigen yang harus dihirup sebanyak 29 kilogram agar menghasilkan 28 kilogram karbon dioksida dan dan air 11 kilogram. (ctr)

BACA JUGA: Morning Activities Untuk Turunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes