Perut Buncit? Langsingkan dengan Berlari!

Ingin membasmi perut yang membuncit? Cobalah berlari sprint. Menurut penelitian terbaru, berlari sprint di stationary bike 20 menit setiap tiga kali seminggu diyakini mampu membasmi timbunan lemak di perut.


Menurut pemimpin peneliti profesor Steve Boutcher di University of New South Wales, Australia, mengatakan bahwa berolahraga sprint ini bisa menggantikan tujuh jam jogging selama seminggu untuk efek yang sama.

Bike sprint adalah bentuk latihan yang sangat efisien. Latihan sprint ini mengurangi lemak visceral dengan waktu latihan kurang dari tujuh kali dan memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan jantung dan metabolisme dari pengurangan timbunan lemak di kaki dan lengan,” ungkap Boutcher seperti dikutip dalam Journal of Obesity.

Para pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini, kehilangan 2 kg lemak tubuh, 17 persen dari lemak visceral, dan menambah 1,2 kg otot di kaki mereka dan bokong setelah 12 minggu mengikuti program latihan bike sprint.

“Penelitian lainnya yang menggunakan latihan jenis aerobik, seperti jogging terus menerus, juga menemukan bahwa jumlah latihan yang dibutuhkan untuk menghasilkan penurunan lemak visceral serupa adalah sekitar tujuh jam per minggu selama 14 minggu,” kata Boutcher.

Tim peneliti sebelumnya telah mempelajari dampak dari program berlari pada perempuan, yang juga menunjukkan penurunan lemak tubuh yang signifikan dari stationary bike selama 20 menit, tiga kali seminggu. Latihan sprint ini juga baik bagi mereka yang ingin meningkatkan massa otot. Selamat mencoba! (jay)

SIMAK JUGA : Yuk, Latihan Aerobik di Rumah

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes