suplemen pembentuk perut sixpack

Perut Buncit Tingkatkan Risiko Kematian Jantung Mendadak

Hati-hati bagi Anda yang memiliki perut buncit. Pasalnya, hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa seseorang dengan perut buncit dapat meningkatkan risiko kematian jantung mendadak.

kematian jantung mendadak

Peneliti mengatakan bahwa orang yang memiliki lingkar pinggang dan pinggul lebih besar alias perut buncit, lebih mungkin terkena risiko kematian jantung mendadak.

Seperti dilaporkan ZeeNews.com, obesitas atau kelebihan berat badan telah lama dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung, termasuk Sudden Cardiac Death (SCD) atau kematian jantung mendadak. Tapi peneliti ingin mengetahui apakah perut buncit dapat membawa risiko lebih besar pada SCD ketimbang obesitas, sebagai bukti bahwa perut buncit mungkin dapat lebih berbaya.

Setelah memantau dalam waktu 12,5 tahun, terjadi 253 kasus kematian jantung mendadak. Sebagian besar kasus terjadi pada orang yang berusia lima puluh tahunan. Orang yang mengalami kematian jantung mendadak cenderung memiliki prevalensi lebih tinggi dengan risiko penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah dan kolesterol yang tinggi.

Selain itu, kasus SCD atau kematian jantung mendadak ini terjadi pada mereka yang memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih tinggi serta lingkar pinggang yang lebih besar ketimbang pinggul (salah satu indikator obesitas).

Risiko kematian jantung mendadak juga terkait dengan obesitas pada umumnya. Tapi bagi hanya yang bukan perokok. Kesimpulannya adalah indikator obesitas melalui BMI, serta ukuran lingkar pinggang adalah faktor yang paling tinggi mengalami risiko kematian jantung mendadak. (ctr)

BACA JUGA: OBESITAS DAPAT MERUSAK JANTUNG TANPA GEJALA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes