penyakit jantung

Pesawat Alami Turbulensi Bisa Ganggu Jantung

Pesawat pasti pernah mengalami turbulensi. Namun, turbulensi yang ekstrem ternyata bisa membahayakan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung.

penyakit jantung

Turbulensi sendiri bukanlah istilah asing di dunia penerbangan. Namun, beberapa diantaranya, termasuk orang yang sering naik pesawat kadang juga tidak memahami apa itu turbulensi.

Turbulensi ialah guncangan pesawat yang disebabkan benturan massa udara yang datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di udara. Jika terjadi, pesawat bisa seperti dihempaskan.

“Kalau ada turbulensi pesawat (yang ekstrem) seperti akan anjlok atau turun ke bawah. Umumnya penumpang yang normal akan merasakan kengerian, cemas, nadinya naik, kalau ada orang yang punya gangguan jantung bisa kambuh,” kata Letkol Kes Dr. Wawan Mulyawan, SpBS, pakar kesehatan penerbangan dikutip dari detikHealth.com, Senin (29/12).

Dr. Wawan menambahkan, orang yang berada di dalam pesawat bisa mengalami black out atau tidak sadar jika pesawat menukik dengan sangat cepat. (ctr)

BACA JUGA: Mengapa Pilot Sangat Rentan Terkena Kanker Kulit?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes