Presiden RI: Singkong Suguhan Wajib Pejabat Negara

Terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) telah mengubah beberapa kebiasaan yang jarang menjadi perhatian. Baru-baru ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi kepada Kementrian lembaga (KL), Mulai 1 Desember 2014 makanan tradisional seperti ubi, singkong, dan lainya harus menjadi menu wajib dalam hidangan acara di instansi pemerintah.

JENDELA SINGKONG

Tampaknya slogan penghematan dan hidup sederhana betul-betul diterapkan oleh Presiden Jokowi. Baru-baru ini pun pemerintah telah memangkas anggaran perjalanan dinas hingga 16 triliun, hingga larangan pejabat mengadakan resepsi mewah dan menyajikan makanan atau buah impor dalam rapat.

Tak main-main, larangan resepsi mewah tersebut tertuang dalam Surat Edaran nomor 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2015 mendatang. Sementara itu, Yuddy Chrisnandi, monster beats apple accessories 2 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menjelaskan terkait larangan makanan impor dalam hidangan rapat.

Menurutnya, selain untuk penghematan anggaran, hal tersebut juga bisa mendorong program cinta produk lokal seperti makanan olahan dari singkong atau ubi. “Selain untuk menghemat anggaran, ini dilakukan supaya petani-petani kita mendapat nilai tambah dari hasil panennya,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Wamwnkeu) Mardiasmo. Dirinya mengingatkan akan pentingnya mencintai produksi dalam negeri, mulai dari hal yang kecil seperti halnya mengonsumsi makanan. Dijadikannya suguhan singkong dan ubi sebagai suguhan wajib bagi pegawai negeri sipil di seluruh Indonesia merupakan satu langkah nyata.

Tambahnya, moncler armoise albizia hal ini tidak dimaksudkan untuk merendahkan martabat PNS, melainkan untuk melakukan penghematan, sekaligus menyehatkan tubuh PNS dengan mengurangi banyak kolestrol dan kadar gula dalam darah. “Saya setuju lah, kita harus humble (sederhana .Red). Kita harus mengurangi yang konsumtif,” sebutnya.

Seperti yang kita tahu, bahwa singkong dan ubi adalah makanan yang sangat direkomendasikan sebagai pengganti nasi. Karena itu singkong merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mempunyai serat tinggi, sehingga membuat singkong dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dan trigliserida. moncler armoise albizia 2 Sedangkan ubi berfungsi lebih lamban dalam menigkatkan gula darah. Bukan hanya itu ubi juga mengandung berbagai macam vitamin seperti A dan C.

Pejabat dan aparatur negara saja mengonsumsi singkong dan ubi. Lalu, masihkah Anda merasa gengsi menyantapnya karena alasan makanan orang ‘ndeso’? (gie)

BACA JUGA: Kontrol Berat Badan Dengan Ekstrak Kentang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes