Pria Berisiko Mandul Jika Ibunya Pernah Merokok

Satu lagi dampak negatif dari kebiasaan merokok. Merokok tidak hanya merusak tubuh si perokok, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan anak keturunannya. Bahkan saat sang anak masih berada dalam kandungan.

Pria-Berisiko-Mandul-Jika-Ibunya-Pernah-Merokok

Asap rokok membuat pertumbuhan bayi melambat, yang dampaknya dirasakan juga oleh sistem reproduksi saat sang bayi beranjak dewasa.

Studi yang telah dipublikasikan dalam European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) ini mengamati lebih dari 2.000 ibu hamil anak laki-laki pada tahun 1989 lalu. Pengamatan ini meliputi semua gaya hidup hidup sang ibu, termasuk kebiasaan merokok.

Pada usia 20-22 tahun, anak-anak yang terlahir dari ibu perokok diperiksa tingkat kesuburannya. Baik dari jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 1 dari 6 laki tersebut memiliki kualitas sperma yang buruk.

Prof Roger Hart selaku ketua penelitian dari University of Western Australia menyatakan, “Pesan utamanya adalah untuk mencapai masa dewasa dengan fungsi testis terbaik, laki-laki harus bebas dari paparan rokok dari ibunya. Dan di masa kanak-kanak harus tumbuh normal seperti tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk, dan saat dewasa harus bebas rokok maupun narkoba,” seperti dilansir Daily Mail.

Intinya, para ibu yang sampai saat ini masih memiliki kebiasaan merokok sangat berisiko memiliki anak laki-laki mandul dan sulit mempunyai keturunan.

So, let’s stop smoking mom! (dan)

BACA JUGA : Susah Berhenti Merokok? Mungkin Ini Penyebabnya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes