ring jantung

Prototipe Ring Jantung Buatan UGM Lebih Murah

Harga stent atau ring jantung buatan luar negeri memang sangat mahal. Namun, prototipe ring jantung yang dibuat tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) lebih murah.

ring jantung

Ring jantung sendiri berfungsi untuk memperlancar aliran darah di pembuluh darah. Selain itu juga menghilangkan penyempitan serta mengurangi kemungkinan serangan jantung. Hal itu tentu dapat meningkatkan usia harapan hidup bagi penderita jantung koroner.

Namun, mahalnya harga ring impor akan terlalu sulit bagi masyarakat yang kurang mampu. Karena itu, peneliti dari UGM tengah mengembangkan ring jantung buatan lokal.

“Harga prototipe stent buatan tim riset rekayasa biomedik UGM itu akan dijual dengan harga di bawah Rp. 9 juta. Harga tersebut masih dibawah harga stent impor yang mencapai di atas Rp. 20 juta,” kata anggota peneliti, Hariadi Hariawan seperti dilansir AntaraNews.com, Kamis (12/12).

Beberapa jenis ring telah ada di pasaran seperti Drug Eluting Stent (DES), Bioabsorbablestent, dan Bare Metal Stent (BMS). Prototipe yang tengah dikembangkan tim dari UGM adalah jenis BMS. (ant/ctr)

BACA JUGA: Perut Buncit Tingkatkan Risiko Kematian Jantung Mendadak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes