Rajin Makan Pisang Efektif Cegah Stroke

Sebagian besar fitnessmania pasti suka dengan buah yang satu ini. Pisang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Sama seperti buah-buahan lainnya, pisang juga menawarkan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

manfaat-pisang

Baru-baru ini sebuah studi kembali menemukan manfaat ajaib pisang bagi kesehatan. Pisang terbukti membantu mengurangi risiko stroke pada wanita pasca-menopause. Para peneliti meneliti sekitar 90 ribu wanita pasca menopause berusia 50 hingga 79 tahun selama kurang lebih 11 tahun.

Para peneliti melihat berapa banyak kalium yang dikonsumsi peserta dan apakah mereka meninggal atau mengalami stroke selama penelitian. Hasilnya, para partisipan yang rutin mengonsumsi pisang, rata-rata tidak mengalami stroke sama sekali. Asupan kalium mereka rata-rata adalah 2,611 mg sehari.

Sebuah pisang dengan ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 430 mg kalium. Studi tersebut juga menemukan bahawa wanita yang makan pisang diketahui 12 persen lebih rendah kemungkinannya mengalami stroke, dan 16 persen lebih rendah kemungkinannya untuk terkena stroke iskemik (aliran darah ke otak terputus) ketimbang wanita yang jarang makan pisang.

Bahkan wanita penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) yang rajin mengonsumsi pisang memiliki risiko kematian yang lebih rendah, namun demikian asupan kalium tidak menurunkan risiko stroke mereka.

Sylvia Wassertheil-smoller, penulis penelitian ini mengatakan bahwa temuan dari studi ini menunjukkan bahwa wanita perlu mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi kalium seperti pisang.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association. (dan)

BACA JUGA : JERAWAT MEMBANDEL? ATASI DENGAN TANAMAN HERBAL INI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes