Remaja Berfisik Sehat Lebih Pintar Secara Akademis!

Menurut penelitian terbaru, siswa sekolah menengah yang lebih sehat secara fisik ternyata bisa mendapatkan nilai akademis yang lebih baik dan mengungguli teman-temannya dalam sebuah tes standar.

Penelitian ini yang pertama kalinya mengkaji bagaimana prestasi akademik berkaitan dengan semua aspek kebugaran fisik termasuk daya tahan, kekuatan otot, fleksibilitas, dan lemak tubuh.

“Berfisik bugar tak hanya meningkatkan implikasi kesehatan fisik bagi anak, tetapi juga memiliki implikasi bagi prestasi akademik mereka,” ujar Dawn Coe, seorang profesor di University of Texas, seperti dikutip Zeenews.com.

“Kami tahu bahwa banyak sekolah yang meniadakan kelas pendidikan jasmani dan peluang aktivitas fisik sepanjang hari. Beberapa penelitian kami sebelumnya menunjukkan bahwa jika anak-anak memiliki satu jam pendidikan jasmani sehari, mereka tidak akan menunjukkan penurunan dalam prestasi akademik. Dengan menjadi aktif, mereka berpotensi meningkatkan nilai-nilai mereka,” jelas Coe.

Coe melakukan serangkaian penilaian pada siswa-siswa di sekolah menengah pertama di Michigan, termasuk berlari shuttle run, curl-up, dan push-up. Lalu, Coe menilai prestasi akademik anak-anak di 4 kelas inti selama satu tahun sekolah, serta kinerja mereka pada tes standar.

Hasilnya, Coe menemukan bahwa siswa dengan tingkat kebugaran tertinggi mampu melakukan lebih baik pada ujian standar dan memperoleh nilai yang lebih baik.

“Remaja yang terlibat dalam gaya hidup aktif secara fisik menuai manfaat tidak hanya dalam kesehatan fisik mereka, tetapi juga dalam aspek-aspek lain dari kesejahteraan, seperti kesehatan mental dan kinerja akademis mereka,” tutup Coe.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness. (jay)

BACA JUGA: Bagaimana Memiliki Gaya Hidup Jantung yang Sehat?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes