manfaat rumput laut

Resep Langsing dari Dasar Lautan

Mengonsumsi makanan rendah kalori dan tinggi serat merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tubuh langsing bebas lemak.

manfaat rumput laut

Makanan rendah kalori dan tinggi serat banyak ditemukan di pekarangan rumah atau perkebunan. Tetapi selain di dua tempat tersebut ada satu lagi tempat yang menyediakan makanan rendah kalori dan tinggi serat, yakni di dasar lautan.

Tim peneliti dari University of Newcastle, Australia menemukan kandungan serat alami pada rumput laut. Kandungan serat rumput laut tersebut diketahui dapat menyerap lemak dan mengeluarkannya dari tubuh melalui saluran pembuangan.

Serat yang memiliki sebutan alginate tersebut diketahui dapat menghambat aksi yang dilakukan enzim pencernaan (lipase) yang dihasilkan pankreas, sehingga jumlah lemak yang diserap tubuh menjadi lebih sedikit.

Profesor Jeff Pearson dari Institute for Cell and Molecular Biosciences, University of Newcastle, selaku pimpinan penelitian mengatakan,” Kami telah mencoba menambahkan ini (alginate) ke dalam roti, dan hasilnya sangat memuaskan. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba klinis untuk mengetahui seberapa efektif bila alginate dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehari-hari,” terangnya seperti dikutip dari laman Daily News.

Pearson menambahkan bahwa di dalam alginate juga terkandung senyawa gula yang disebut guluronate yang memiliki kemampuan terbaik untuk mencegah pencernaan lemak. Rumput laut coklat, bladderwack dan bull kelp adalah jenis rumput laut yang memiliki kandungan guluronate terbanyak.

“Ini menakjubkan, menambahkan asupan alginate dari rumput laut coklat dapat meningkatkan aktivitas anti-penyerapan lemak hingga 75 persen,” tambah Pearson.

Nah, jika Anda dalam program penurunan berat badan tidak ada salahnya memasukkan rumput laut ke dalam menu harian Anda.

Selamat mencoba! (dan)

BACA JUGA : Sudah Ngegym tak Kunjung Kekar, Ini Sebabnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes