Rhythm Response

Rhythm Response, Ledakan Energi Ketika Mendengar Musik

Tidak diragukan lagi jika kekuatan musik bisa meningkatkan power dan stamina Anda selama latihan, Bahkan, The Marine Corps Marathon di AS menyatakan, masing-masing dari mereka wajib mendengarkan musik saat latihan marathon agar tidak mudah lelah.

Rhythm Response

Bagaimana musik bisa mempengaruhi performa latihan?

Kita mundur sejenak ke tahun 1911, di mana sebuah studi yang menghubungkan musik dan latihan untuk pertama kalinya digelar. Adalah Leonard Ayres yang pertama kali menggali lebih dalam hubungan antara musik dan tingkat kekuatan atlet kala itu.

Beliau menemukan bahwa atlet bersepeda mengayuh pedal lebih cepat ketika mendengar sebuah band bermain di arena pertandingan. “Ini semua tentang tempo. michael kors access apple watch Mereka mendengar tempo dari musik yang dihasilkan band, kemudian anggota tubuh mereka pun menyesuaikan diri dengan tempo tersebut,” terang Ayres.

Dalam studi terbaru, faktor ini disebut dengan “rhythm response”, suatu kondisi emosional yang didapatkan ketika mendegar alunan irama tertentu dan tubuh berusaha bergerak mengikuti irama tersebut secara natural.

Dr Costas Karageorghis, seorang sports psychologist di Brunel University mengatakan,” Rhythm response moncler armoise albizia 2 html”>benar-benar meningkatkan performa atlet berlari dan reaksi tubuh mereka saat latihan. Ini sungguh menakjubkan!”.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 di Sheffield Hallam University menemukan hasil serupa. Para peneliti menemukan bahwa atlet bersepeda yang mendengarkan musik konsumsi oksigennya lebih hemat 7 persen daripada mereka yang tidak mendengarkan musik saat latihan.

Lebih jauh peneliti meyakini bahwa mendengarkan musik saat latihan dapat merangsang bagian tertentu otak yang berhubungan dengan penunda kelelahan, mengurangi produksi asam laktat dan meningkatkan semangat yang berujung pada peningkatan performa latihan.

So, bagi Anda yang ingin hasil maksimal saat latihan, jangan segan-segan mendengarkan musik saat latihan. michael kors apple watch band activity tracker (dan)

BACA JUGA : Sudah Makan Tengah Malam, Pagi Hari Tetap Lapar. Mengapa?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes