akibat rokok

Rokok Dapat Mengecilkan Bagian Penting Dari Otak

Menurut sebuah studi baru, merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan penipisan bagian penting dari otak, yang bertanggung jawab untuk fungsi kognitif penting seperti memori, berbahasa, dan persepsi.

akibat rokok

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry ini membuktikan bahwa rokok memiliki efek yang sangat buruk pada fungsi otak, selain jantung dan paru-paru.

Para peneliti dari Montreal Neurological Institute di McGill University dan University of Edinburgh menemukan bahwa orang yang merokok dalam waktu yang lama dapat menipiskan korteks otak.

Para peneliti mempelajari scan MRI perokok dengan usia rata-rata 73 tahun. Penelitian ini melibatkan 244 laki-laki dan 260 wanita. Semua peserta dipelajari sejak anak-anak sebagai bagian dari Scottish Mental Survey pada tahun 1947.

Melalui analisis scan dan statistik, para peneliti menemukan bahwa para peserta perokok yang lebih lama memiliki korteks otak lebih tipis. Korteks otak yang tipis dikaitkan dengan penurunan kognitif pada orang dewasa.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa peserta yang telah berhenti merokok cukup lama memiliki korteks otak lebih tebal daripada mereka yang baru saja berhenti merokok. Tapi para peneliti mengatakan bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana untuk meningkatkan fungsi otak.

“Perokok harus diberitahu bahwa rokok bisa mempercepat penipisan korteks otak, yang dapat mengakibatkan kerusakan kognitif,” kata pemimpin studi, Sherif Karama, asisten profesor psikiatri di McGill University, seperti dikutip dari Healthmeup, Jumat (13/02).

Untuk itu, penting bagi perokok agar segera berhenti karena berdampak buruk bagi kesehatan. (ctr)

BACA JUGA: Diet Mediterania Dapat Mengurangi Risiko Stroke

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes