manfaat kopi

Rutin Konsumsi Kopi Bantu Cegah Melanoma

Rutin mengonsumsi kopi setiap hari memang bermanfaat bagi kesehatan. Studi terbaru menyebut bahwa mengonsumsi kopi juga dapat mencegah melanoma, salah satu bentuk kanker kulit yang berbahaya. Benarkah?

manfaat kopi

Kopi sering dijadikan teman lembur karena merupakan salah satu minuman berenergi dan meningkatkan stamina. Tak hanya itu saja, penelitian terbaru mengatakan bahwa rutin mengonsumsi kopi berkafein dapat mencegah kanker melanoma.

“Karena sebagian besar peminum kopi dalam penelitian kami minum kopi berkafein, kami menemukan statistik yang lebih baik daripada peminum kopi tanpa kafein,” kata Erikka Loftfield, M.P. monster beats apple accessories H dari divisi epidemiologi kanker dan genetika di National Cancer Institute seperti dilansir FoxNes.com, Rabu (21/01).

Melanoma adalah bentuk paling berbahaya dari kanker kulit. Melanoma sendiri merupakan kanker yang terjadi pada melanosit, sel pigmen di kulit yang menghasilkan melanin. Sel-sel kulit dengan cepat berkembang biak dan membentuk tumor ganas yang berasal dari melanosit penghasil pigmen di lapisan basal epidermis. Menurut Skin Cancer Foundation, satu orang meninggal setiap 57 menit akibat melanoma.

Studi yang dilakukan National Cancer Institute di National Institutes Health (NIH) menganalisis data dari 447.357 orang selama 10 tahun. Peneliti juga telah memasukkan faktor lain seperti paparan ultraviolet, moncler jacket acorus indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan kebiasaan merokok.

Peneliti menemukan, orang-orang yang minum 1-3 cangkir per hari memiliki sekitar 10 persen penurunan risiko melanoma dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Sementara mereka yang minum empat cangkir atau lebih memiliki penurunan risiko sebesar 20 persen.

Para peneliti juga mempelajari apakah kopi memiliki perlindungan terhadap melanoma stadium awal atau mencegah perkembangan melanoma. Peneliti menemukan bahwa minum kopi berkafein juga mampu melindungi seseorang dari kanker melanoma.

Pada penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi kopi membantu seseorang mencegah diabetes. moncler shirts shoes 2 Asalkan, kopi yang dinikmati tidak ditambahkan dengan banyak gula.

So, sudahkah Anda minum kopi hari ini? (ctr)

BACA JUGA: Mengapa Anda Menangis Ketika Terlalu Bahagia?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes