manfaat kopi

Rutin Konsumsi Kopi Bisa Mencegah Penyakit MS?

Dalam beberapa penelitian, rutin minum kopi dapat membantu mencegah sejumlah penyakit. Terbaru, rutin mengonsumsi kopi juga berpotensi dapat menurunkan risiko penyakit Multiple Sclerosis (MS).

manfaat kopi

Menurut The National MS Society, MS adalah penyakit sistem saraf yang mengganggu aliran informasi dalam otak. Gejala MS sendiri tidak bisa ditebak karena setiap pasien berbeda. Namun, gejala yang umum biasanya seperti mudah lelah, mati rasa atau kesemutan, gangguan penglihatan, usus, kandung kemih, kesulitan berjalan, dan nyeri. Organisasi ini mencatat, saat ini MS kemungkinan telah dialami sebanyak 2,3 juta orang di seluruh dunia.

“Asupan kopi/ kafein tampaknya dapat mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Pertanyaan selanjutnya, apakah mungkin juga berkaitan dengan gangguan sistem saraf pusat lain seperti MS,” kata penulis studi, Dr Ellen Mowry asisten profesor neurologi di John Hopkins University School of Medicine dikutip dari Fox News, Sabtu (28/02).

Peneliti dari John Hopkins menganalisis dari dua data. Data pertama studi di Swedia yang melibatkan 1.629 orang penderita MS dan 2.807 orang yang sehat. Sementara studi lain di Amerika Serikat dengan melibatkan 1.159 orang pasien MS dan 1.172 orang yang sehat.

Hasil studi yang dipresentasikan dalam American Academy of Neurology ini menemukan, orang yang tidak minum kopi satu setengah cangkir per hari lebih berpotensi menderita MS daripada mereka yang mengonsumsi empat cangkir kopi per hari di Amerika Serikat, dan enam cangkir kopi di Swedia. Pada penelitian di Amerika lebih fokus pada konsumsi kafein, sementara di Swedia fokus pada konsumsi kopi.

Menurut Mowry, penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengetahui secara pasti senyawa apa yang dapat melindungi seseorang dari penyakit MS. Namun, bagi yang telah menderita MS, hasil studi menunjukkan bahwa minum kopi tidak memberikan efek. Peneliti juga menyarankan untuk tidak meningkatkan konsumsi kopi untuk mencegah penyakit MS.

Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan National Cancer Institute, rutin mengonsumsi 1-3 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko melanoma hingga 10 persen. Asalkan, kopi yang dinikmati tidak ditambahkan dengan banyak gula.

Jadi, tidak perlu takut untuk mengonsumsi kopi namun kenali dulu kopi mana yang baik untuk Anda. (ctr)

BACA JUGA: Menonton TV Lebih Dua Jam Tingkatkan Risiko Hipertensi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes