manfaat seafood

Seafood Bisa Menyebabkan Gangguan Autoimun?

Makanan laut (seafood) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa paparan merkuri dari seafood bisa meningkatkan risiko gangguan autoimun, terutama pada wanita usia subur (WUS).

manfaat seafood

Gangguan autoimun dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat. Terutama pada wanita. Peneliti mengatakan, penyakit autoimun dapat mencakup penyakit seperti radang usus, lupus, sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis, dansklerosis ganda.

“Dalam penelitian kami, paparan merkuri berperan sebagai faktor risiko utama untuk autoimun,” kata penulis studi dari University of Michigan Medical and Public Health School, dikutip dari Times of India, Kamis (12/02).

Pada studi ini, peneliti menganalisis data pada perempuan usia 16-49 tahun dari National Health dan Nutrition Examination Survey tahun 1999-2004. Hasilnya, paparan merkuri yang cukup tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun.

Ikan seperti ikan todak, makerel, dan tilefish mengandung tinggi merkuri. Sementara udang, tuna kaleng, dan salmon memiliki merkuri yang rendah.

Meski demikian, peneliti mengatakan bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari seafood, seperti protein tanpa lemak yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Namun, untuk wanita usia subur harus tetap memperhatikan jenis ikan yang mereka makan. (ctr)

BACA JUGA: Makan Siang Jam 3 Bisa Menurunkan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes