penyakit kardiovaskuler

Secangkir Blueberry Efektif Cegah Penyakit Kardiovaskuler

Hanya dengan mengonsumsi secangkir buah blueberry per hari dapat menjadi kunci mengurangi tekanan darah dan kekakuan pembuluh arteri. Yang mana keduanya terkait dengan penyakit kardiovaskuler.

penyakit kardiovaskuler

Pada penelitian sebelumnya, blueberry juga telah menunjukkan efek positif pada penurunan risiko kardiovaskuler, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, pada penelitian tersebut menganjurkan dosis hingga 250 gram blueberry bubuk atau setara dengan 11 cangkir blueberry segar per hari. Tampaknya hal itu sulit untuk dilakukan seseorang.

Di penelitian kali ini, mereka melakukan studi selama periode delapan minggu pada 48 wanita pasca menopause dengan pra dan tahap 1 hipertensi. Peserta disarankan mengonsumsi 22 gram blueberry bubuk (setara dengan satu cangkir blueberry segar). Peserta, juga diminta untuk terus diet dan olahraga normal yang biasa mereka lakukan.

Di awal penelitian, tim mengambil tekanan darah peserta dan mengukur kekakuan arteri. Pada akhir minggu kedelapan, peserta yang mengonsumi bubuk blueberry rata-rata memiliki 7 mmHg (5,1 persen) penurunan tekanan darah sistolik, jumlah tertinggi dalam catatan tekanan darah yang mengukur tekanan dalam arteri ketika jantung berdetak.

Peneliti juga melihat 5 mmHg (6,3 persen) penurunan tekanan darah diastolik. Selain itu, peserta memiliki pengurangan kekakuan arteri rata-rata 97 cm/detik (6,5 persen) kekakuan arteri.

“Temuan kami menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi secangkir blueberry dapat menunda peningkatan pra hipertensi menjadi hipertensi, dengan begitu mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler,” kata Sarah A. Johnson dari Florida State University.

“Konsumsi harian blueberry mampu mengubah tekanan darah dan kekakuan arteri pada wanita yang setelah mengalami menopause dengan pre dan tahap pertama hipertensi,” tambah Johnson dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

Peneliti tertarik untuk melihat bagaimana fungsi makanan dapat mencegah beragam penyakit, terutama bagi wanita menopause. Selain itu, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

“Setelah wanita mengalami menopause, menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar pada penyakit kardiovaskuler. Temuan kami menunjukkan bahwa penambahan blueberry untuk diet dapat mengurangi efek kardiovaskular negatif yang sering terjadi sebagai akibat dari menopause,” tambah Johnson dikutip dari ScienceDaily.com, Sabtu (10/01).

Peneliti mengatakan bahwa oksida nitrat diketahui membantu meningkatkan pelebaran pembuluh darah sebesar 68,5 persen. Itu penting karena kekakuan arteri dan penyempitan pembuluh darah keduanya merupakan bagian dari hipertensi. Kenaikan oksida nitrat membantu menurunkan tekanan darah. (ctr)

BACA JUGA: Makan Satu Buah Alpukat Pangkas Risiko Penyakit Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes