cara awet muda

Selalu Merasa Muda Bisa Perpanjang Umur?

Hasil penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine ini mengatakan, sesorang yang merasa lebih muda tiga tahun ketimbang usianya saat ini, memiliki risiko kematian lebih rendah dari yang merasa berpikir pada usianya atau setahun lebih tua.

cara awet muda

“Orang tua biasanya merasa lebih muda dari usia kronologis mereka, dan diperkirakan bahwa mereka yang merasa lebih muda dari usia yang sebenarnya mereka telah mengurangi angka kematian,” tulis peneliti dari University College London seperti dilansir MedicalNewsToday.com, Selasa (16/12).

Penelitian sendiri melibatkan 6.489 peserta orang tua dalam penelitian English Longitudinal Study of Ageing pada 2004-2005. Selanjutnya, peserta dianjurkan untuk menilai usia berapa yang mereka rasakan.

Setelah itu, peneliti mencatat semua kematian termasuk akibat kanker dan penyakit jantung hingga Maret 2013. Hasilnya, orang tua yang merasa lebih muda memiliki risiko kematian 14,13 %. Sementara yang merasa sesuai dengan usianya sebesar 18 %, dan yang merasa lebih tua memiliki risiko kematian sebesar 24,6 %.

Meski demikian, mekanisme yang mendasari hasil ini juga masih perlu diselidiki lebih lanjut. Apakah juga ada pengaruh dari perilaku kesehatan atau keinginan untuk hidup lebih panjang juga mempengaruhi tingkat kematian lebih rendah ketimbang yang merasa pada usia sebenarnya.

Karena itu, selalulah merasa lebih muda daripada usia Anda sekarang dan keep healthy. (ctr)

BACA JUGA: Selain Obesitas, Gula Juga Picu Stres dan Penuaan Dini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes