HIV AIDS

Semen Pria Bisa Gagalkan Pengobatan AIDS

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa semen (cairan yang membawa sperma) pria dapat meningkatkan virus AIDS. Hal itulah yang membuat para peneliti begitu sulit untuk mengembangkan krim atau gel pencegah infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

semen

Ini seperti yang disampaikan para peneliti UCSF/Gladstone Institutes dalam Journal Science Translational Medicine yang diterbitkan Rabu (12/11) kemarin.

“Kami pikir mungkin ini salah satu faktor yang menjelaskan mengapa begitu banyak obat yang efisien guna mematikan infeksi HIV dalam percobaan laboratorium, ternyata tidak bekerja,” kata Nadia Roan dari University of California, San Francisco dan Gladstone Institutes seperti dilansir NbcNews.com.

Semen pria ini juga mengandung tumpukan protein yang disebut amiloid fibril. Virus HIV menempel secara berkelompok yang dapat menyerang sel. Kelompok ini juga mampu mengusir obat yang digunakan dalam mikrobisida.

“Mikrobisida awalnya dikembangkan sebagai cara untuk memberdayakan dan melindungi perempuan di sub-Sahara Afrika yang sering tidak memiliki cara untuk menegosiasikan seks aman atau penggunaan kondom,” terang Dr. Warner Greene direktur Gladstone Institute of Virology dan Imunologi.

Greene juga menjelaskan bahwa percobaan pertama yang menggunakan mikrobisida ini sebagian besar tidak efektif. Bahkan, hasilnya jauh lebih buruk dan mengarah pada peningkatan penularan virus. (ctr)

BACA JUGA: Ini Caranya Agar Emosi Tak Pengaruhi Berat Badan Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes