obesitas

Sering Bertengkar Dengan Pasangan Bisa Bikin Gemuk

Ketika bahtera rumah tangga kurang harmonis sering terjadi cekcok pada pasangan tersebut. Namun tahukah Anda, sering bertengkar dengan pasangan ternyata dapat meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas?

obesitas

Dalam kehidupan rumah tangga, kadang dilalui tidak selalu mulus seperti yang diharapkan. Misalnya perbedaan pendapat antar pasangan dapat memicu pertengkaran. Hal itu bisa menyebabkan depresi atau tekanan.

Dalam studi yang dipresentasikan dalam ScienceWriters 2014 lalu, stres atau tekanan akibat bertengkar dengan pasangan dapat menyebabkan obesitas. Peneliti melakukan studi pada 43 pasangan berusia antara 24-61 tahun.

Hasilnya, pertengkaran dengan pasangan yang berakhir dengan stres dapat mengganggu metabolisme, terlebih ketika mereka makan makanan tinggi lemak. Para peserta membakar kalori lebih sedikit, dan meningkatkan kadar trigliserida.

“Temuan ini tidak hanya mengidentifikasi bagaimana stres kronis dapat menyebabkan obesitas, tetapi juga menunjukkan betapa pentingnya untuk mengobati gangguan suasana hati,” kata pemimpin penulis studi, Jan Kiecolt-Glaser dari Ohio State University seperti dikutip dari TimesofIndia, Senin (19/01).

Peneliti mengatakan bahwa menurunnya pembakaran kalori dalam tujuh jam setelah makan dapat menaikkan berat badan hingga 5,4 kilogram selama setahun. Jika terus demikian, bukan tidak mungkin seseorang dapat mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas sendiri dapat menjadi penyebab utama penyakit jantung dan diabetes. (ctr)

BACA JUGA: Pola Diet Sehat Bantu Cegah Diabetes Pada Wanita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes