Sering Internet-an Bikin Otak Anak-anak ‘Mati’

Generasi anak-anak zaman sekarang, yang lebih dikenal ‘generasi Google’ karena bergantung pada Internet untuk semua hal, berada dalam bahaya yang bisa menyebabkan ‘otak mati.’

S

Pernyataan ini diungkapkan oleh ilmuwan terkemuka dari Inggris, Trevor Baylis, sang penemu radio wind-up.

Seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, Baylis juga menyatakan bahwa anak-anak bisa kehilangan kreativitas dan keterampilan praktis karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer.

Ilmuwan 75-tahun dari Twickenham, London, itu khawatir bahwa generasi ilmuwan berikutnya tampaknya akan hilang, dikarenakan banyak anak muda yang sudah tidak mampu lagi menciptakan sesuatu dengan tangan sendiri.

Ia menambahkan, anak-anak bisa menemukan kembali keterampilan penting mereka bila sekolah-sekolah menggunakan mainan praktis seperti Meccano, sebuah model sistem konstruksi.

“Anak-anak sudah harus diajarkan membuat sesuatu dengan tangan sendiri, dan tidak tergantung pada ponsel atau komputer,” tegas Baylis.

“Mereka memang harus bisa menggunakan komputer, tetapi kenyataannya saat ini sudah begitu banyak anak yang terlalu lama bermain komputer dan dibarengi makan yang terlalu banyak,” katanya.

“Anak-anak kini bergantung pada pencarian Google. Banyak anak-anak akan mengalami mati-otak, jika mereka terus bergantung pada Internet, karena mereka tidak akan mampu melakukan hal-hal dengan cara kuno,” tutupnya. (jay)

BACA JUGA: Inilah Manfaat Kesehatan dari Cokelat untuk Pria!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes