manfaat aspirin

Sering Konsumsi Aspirin Bisa Berbahaya

Konsumsi aspirin dapat memberikan manfaat baik pada seseorang. Namun, konsumsi aspirin setiap hari dapat membahayakan para wanita muda. Mengapa?

manfaat aspirin

Menurut penelitian terbaru, konsumsi aspirin yang terlalu sering dapat membahayakan wanita muda. Namun pada wanita yang berusia lebih dari 65 tahun, mengonsumsi aspirin akan bermanfaat.

Aspirin memang cukup terbukti untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Namun, dampak negatifnya dapat meningkatkan risiko pendarahan di perut dan bagian pencernaan.

Sebuah studi baru yang melibatkan hampir 28.000 wanita dengan usia 45 tahun lebih secara acak diminta untuk mengonsumsi aspirin dengan dosis 100 miligram atau plasebo. Selama sepuluh tahun peneliti menganalisa banyaknya kasus penyakit jantung, kanker atau pendarahan yang muncul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan plasebo, wanita yang mengonsumsi aspirin memiliki risiko lebih rendah dari kanker usus besar, penyakit jantung dan stroke. Namun, aspirin juga meningkatkan risiko tinggi pendarahan serius.

Artinya, pengobatan dengan menggunakan aspirin dapat memberikan keuntungan atau bahkan kerugian. Meski begitu, peneliti menemukan bahwa usia dalah faktor penting yang menentukan manfaat aspirin.

Manfaat maupun kerugian akibat aspirin meningkat seiring dengan usia. Namun ketika memasuki usia 65 tahun lebih, konsumsi aspirin memberikan manfaat daripada yang tidak meminum aspirin.

Untuk itu, peneliti menyarankan meminum aspirin hanya untuk orang yang memiliki risiko tinggi dengan penyakit jantung atau stroke. Itu pun harus sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. (ctr)

BACA JUGA: Aspirin Bisa Kurangi Risiko Kanker Tenggorokan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes