penyebab kanker

Sering Konsumsi Steak Bisa Menyebabkan Kanker

Steak memang sangat menggoda. Meski begitu, jika terlalu sering mengkonsumsi steak juga tidak baik bagi tubuh. Bahkan bisa menyebabkan kanker.

penyebab kanker

Steak atau hidangan daging memang sangat menggoda. Potongan daging lembut yang dikombinasikan dengan sayuran segar dan saus yang memberikan sensasi gurih tentu sangat menyenangkan. Itulah mengapa ada begitu banyak orang yang suka makan steak.

Namun, sebuah studi yang dilaporkan oleh healthmeup yang mengatakan, Anda harus mengurangi konsumsi steak atau daging merah bagi yang sering menikmati menu ini.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online Proceedings of National Academy of Sciences mengatakan bahwa dalam daging merah terkandung Neu5Gc, sejenis senyawa gula yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia karena dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan kanker.

“Memang benar bahwa daging merah merupakan sumber yang baik dari zat besi dan nutrisi lain yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia. Tapi Anda juga harus memperhatikan jumlah yang di konsumsi,” kata Dr Ajit varki, profesor sel dan molekuler dari University of California dikuti dari MedicMagic.net, Rabu (14/01).

Para peneliti melakukan penelitian pada tikus yang diberi suntikan Neu5Gc. Hasilnya, dalam tubuh mereka menemukan bibit sel kanker dan bahkan mempercepat pembentukan sel kanker.

Peneliti juga menemukan bahwa Neu5Gc diserap ke dalam jaringan manusia secara langsung bereaksi cepat menciptakan peradangan. Peradangan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh terus membuat antibodi terhadap Neu5Gc menurun. Peradangan kronis mampu menyebabkan pembentukan tumor. (ctr)

BACA JUGA: Diet Tinggi Serat Bisa Pangkas Angka Kematian?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes